Formulasi

Lomba

Minggu, 08 Mei 2011

Belajar Action Script Flash Dasar 1

Saya akan menceritakan bagaimana saya mempelajari action script pada flash. Apabila tulisan ini mendapat repons positif dengan banyaknya dukungan postingan (he he he he kayak ajang pencari bakat aja) saya akan melanjutkan ke bagian -bagian yang lain. Silahkan menikmati.

Teory
Movie clip adalah salah satu jenis simbol yang tersimpan dalam library. Cara membuatnya dengan mengambar langsung di stage lalu di klik kanan > convert to symbol > pilih type movie clip >ok atau dengan pulldown menu insert > new symbol. Jangan lupa untuk memberi nama yang sesuai agar kita dapat membedakan saat tampil di library.
Dalam penggunaanya movie clip dapat di modivikasi propertynya mengunakan script. Sebelum kita ubah propertiesnya jangan lupa memberi instance name pada movie clip yang sudah terpasang pada state. Caranya :
Clik movie clip pada stage lalu ubah namanya pada posisi seperti pada gambar dibawah ini :

Pada gambar di atas instance name dari movie clip tersebut adalah mc. Untuk merubah propertiesnya mengunakan scrip gunakan perintah dibawah ini (jangan dijalankan semua Action Script bersama-sama) :
mc._x = 0; //koordinat x
mc._y = 0; //koordinat y
mc._xscale = 100; //rasio x (%)
mc._yscale = 100; //rasio y (%)
mc._width = 100; //lebar (pixel)
mc._height = 100; //tinggi (pixel)
mc._alpha = 50; //tranparan (max 100)
mc._rotation = 15; //rotasi (derajat)
mc._visible = false; //nampak
mc._x = _xmouse; //disamakan koor mouse
mc._y = _ymouse; //disamakan koor mouse

Praktek
Langkah pertama. Buatlah Movie clip dengan instance name mc kemudian isi frame dengan salah satu AS properties seperti teks diatas.
mc._x +=1; //menambahkan 1 nilai di koordinat x
Jalankan animasi buatan anda dengan menekan ctrl-enter. Kalau anda amati dengan seksaman terlihat bahwa animasi hanya bergerak sekali.Karena scrip tersebut hanya dibaca sekali (saat loading) maka perubahannya hanya sekali saja.
Langkah kedua. Bila kita menginginkan script dibaca terus (berulang-ulang) maka kita harus membuat script tersebut selalu dibaca hingga properties movie clip selalu berubah.
Ada dua cara yang dapat dilakukan :
1. Menambah 1 frame (frame 1 dan frame 2 sama) pada time line.
2. Atau dengan cara kedua, yaitu merubah AS menjadi berikut:
onEnterFrame = function () {
mc._x +=1;
}

Scrip diatas membuat perintah dibaca berulang-ulang sesuai pergerakan frame (meski frame hanya 1 sebenarnya flash tetap menjalankan frame sesuai dengan frame rate yang telah di set pada properties dokumennya)

Latihan
Pada percobaan di atas telah dicoba mengerakkan ke kanan sebuah movie clip mengunakan action scrip, bagaimana bila gerakanya kekiri? atau keatas atau kebawah atau kombinasinya atau properties properties yang lain? Nah... silahkan dicoba.
Reaksi:

0 komentar:

Komentar Anda

    Wikipedia

    Hasil penelusuran

    Pengikut

    Blogger Themes