Our blog

GERAKAN ELASTIS OBJEK

Hasil yang akan kita peroleh melalu tutorial ini berupa sebuah objek yang koordinat x dan y nya akan berada di x dan y mouse apabila mouse ditekan serta akan kembali ketempat semula apabila tekanan pada mouse dilepaskan.
1. Buatlah sebuah flash document.a
2. Buatlah sebuah lingkaran. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukkan lingkaran sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.
3. Seleksi movie clip lingkaran di stage dan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan lingkaran di dalam kotak instance name.
4. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada kotak actions yang muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
//membuat variable targetX dengan nilai koordinat x awal lingkaran
targetX = lingkaran._x;
//membuat variable targetY dengan nilai koordinat y awal lingkaran
targetY = lingkaran._y;
//membuat variable kecepatanX dengan nilai 0
kecepatanX = 0;
//membuat variable kecepatanY dengan nilai 0
kecepatanY = 0;
//membuat variable gerak dengan nilai 1
gerak = 1;
//membuat variable kecepatan dengan nilai 10
kecepatan = 10;
//membuat variable perlambat dengan nilai 1.2
perlambat = 1.2;
lingkaran.onEnterFrame = function() {
//jika variable gerak bernilai 1
if (gerak == 1) {
//posisi x movie clip ini ditambah nilai kecepatanX
this._x += kecepatanX;
//posisi y movie clip ini ditambah nilai kecepatanY
this._y += kecepatanY;
//menghitung nilai kecepatanX dan kecepatanY
kecepatanX += (targetX-this._x)/kecepatan;
kecepatanY += (targetY-this._y)/kecepatan;
//kecepatanX dan kecepatanY dibagi perlambat
kecepatanX /= perlambat;
kecepatanY /= perlambat;
}
//jika variable gerak bernilai 2
if (gerak == 2) {
//posisi x movie clip ini sama dengan posisi x kursor mouse
this._x = _root._xmouse;
//posisi y movie clip ini sama dengan posisi y kursor mouse
this._y = _root._ymouse;
//nilai kecepatanX diubah menjadi 0
kecepatanX = 0;
//nilai kecepatanY diubah menjadi 0
kecepatanY = 0;
}
};
//ketika mouse ditekan
onMouseDown = function () {
//ubah nilai variable gerak menjadi 2
gerak = 2;
};
//ketika mouse tidak ditekan
onMouseUp = function () {
//ubah nilai variable gerak menjadi 1
gerak = 1;
};
5. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

Belajar Bersama Designed by ygiovanni | SMKN 1 Miri Sragen Copyright © 2015

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.