1. Bukalah fla dari tutorial scrolling background dengan motion tween.
2. Tekan tombol insert layer pada timeline sehingga akan muncul layer baru bernama Layer 2. Klik frame 1 Layer 2 kemudian buatlah sebuah lingkaran kecil berwarna kuning dengan hitam sebagai warna garisnya.
3. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan pemain sebagai name dan movie clip sebagai type lalu tekan ok.
4. Seleksi movie clip pemain di stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan pemain sebagai instance name. Letakkan movie clip pemain ini pada stage bagian kiri atas.
5. Klik frame 1 Layer 2 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 | //membuat variable kecepatan dengan nilai 2 kecepatan = 2; //membuat variable angka dengan nilai 1 angka = 1; //perintah yang dijalankan jika frame pada movie clip pemain dimainkan pemain.onEnterFrame = function() { //jika tombol panah kiri pada keyboard ditekan if (Key.isDown(Key.LEFT)) { //koordinat x movie clip ini dikurangi nilai variable kecepatan this._x -= kecepatan; //nilai variable angka dikurangi 1 angka--; //jika nilai variable angka kurang dari 1 if (angka<1) { //ubah nilai variable angka menjadi jumlah frame pada timeline scene 1 angka = _totalframes; } } //jika tombol panah kanan pada keyboard ditekan if (Key.isDown(Key.RIGHT)) { //koordinat x movie clip ini ditambah nilai variable kecepatan this._x += kecepatan; //nilai variable angka ditambah 1 angka++; //jika nilai variable angka lebih dari jumlah frame pada timeline scene 1 if (angka>_totalframes) { //ubah nilai variable angka menjadi 1 angka = 1; } } //jika tombol panah atas pada keyboard ditekan if (Key.isDown(Key.UP)) { //koordinat y movie clip ini dikurangi nilai variable kecepatan this._y -= kecepatan; } //jika tombol panah bawah pada keyboard ditekan if (Key.isDown(Key.DOWN)) { //koordinat y movie clip ini ditambah nilai variable kecepatan this._y += kecepatan; } //mainkan frame pada scene 1 sesuai nilai pada variable angka gotoAndStop(angka); }; |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar