nsert Frame : digunakan untuk memperpanjang waktu tampil sebuah object.
Insert Keyframe : digunakan sebagai titik kunci perubahan sebuah object.
Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut.
- buatlah sebuah document baru pada flash. Akan terlihat layer 1 pada timeline.
Pada layer tersebut buatlah sebuah object kotak.
- buat sebuah layer baru. (klik pada icon new layer ) Pada layer 2 tersebut buat object lingkaran.
Catatan:
Jika pada timeline layer 1 berada diatas layer 2 maka object kotak akan berada diatas object lingkaran. Sebaliknya jika layer 2 berada di atas layer 1 maka object lingkaran akan berada di atas object kotak.
- Pada layer 1, klik kanan pada frame 30 kemudian pilih insert frame.
- Kemudian pada layer 2, klik kanan pada frame 15, pilih insert frame.
- Jalankan animasi, pilih control – test movie atau ctrl+enter pada keyboard.
Akan terlihat object kotak akan tampil lebih lama daripada object lingkaran.
Ini disebabkan karena object kotak akan dimainkan hingga frame ke 30, sedangkan object lingkaran hanya dimainkan hingga frame 15.
- sekarang, klik kanan pada layer 1 frame ke 16. Pilih insert keyframe.
- kemudian geser lingkaran ke kanan dari tempat semula.
- insert keyframe pada frame 18, geser lagi lingkaran ke kanan.
- ulangi untuk frame 20,22 dan 24.
- jalankan animasi.
INSERT KEYFRAME DIGUNAKAN JIKA ADA PERUBAHAN TERHADAP OBJECT, BAIK ITU PERUBAHAN LETAK, UKURAN, TRANSPARANSI DAN SEBAGAINYA.
SEDANGKAN INSERT FRAME DIGUNAKAN HANYA UNTUK MEMPERLAMA WAKTU TAMPIL SEBUAH OBJECT TANPA ADA PERUBAHAN.
Catatan:
Untuk menghapus frame dan key fame kita bisa menggunakan
Remove frame, clear frame dan clearkeyframe.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar