Our blog

MEMBUAT HUJAN

Tutorial kali ini membahas cara membuat efek hujan. Ada beragam cara cara membuatnya diantaranya dengan menggunakan animasi tween. Tapi pada tutorial ini kita akan menggunakan actionscript untuk membuatnya.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Tekan Ctrl+F3, pada panel properties yang muncul ubah warna Background menjadi berkode #000033
3. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel properties yang muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
//membuat sebuah movie clip kosong yang berisi jatuh
_root.createEmptyMovieClip("jatuh", 1);
//mengatur width sama dengan width stage dikali 2.5
width = Stage.width*2.5;
with (jatuh) {
 //membuat garis
 lineStyle(1, 0xFFFFFF, 100);
 lineTo(2, 10);
}
//membuat variable i dengan nilai kurang dari 250
for (i=0; i<50; i++) {
 //duplikasi jatuh dengan nama baru garis_hujan+i
 duplicateMovieClip(jatuh, "garis_hujan"+i, 10+i);
 //posisi x garis_hujan sama dengan nilai acak panjang stage
 _root["garis_hujan"+i]._x = random(Stage.width);
 //posisi y garis_hujan sama dengan nilai acak lebar stage
 _root["garis_hujan"+i]._y = random(Stage.height);
 //nilai variable kecepatan garis hujan sama dengan nilai acak 30 ditambah 10
 _root["garis_hujan"+i].kecepatan = random(30)+10;
 //nilai alpha`garis hujan sama dengan nilai acak 80 ditambah 20
 _root["garis_hujan"+i]._alpha = random(80)+20;
}
onEnterFrame = function () {
 //membuat variable i dengan nilai kurang dari 250
 for (i=0; i<50; i++) {
  //posisi x garis hujan ditambah variable kecepatan
  _root["garis_hujan"+i]._y += _root["garis_hujan"+i].kecepatan;
  //posisi y garis hujan ditambah variable kecepatan yang dibagi 4
  _root["garis_hujan"+i]._x += _root["garis_hujan"+i].kecepatan/4;
  //jika posisi x garis hujan lebih dari panjang stage
  if (_root["garis_hujan"+i]._x>Stage.width) {
   //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2
   _root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2;
   //posisi y garis hujan berada di koordinat 0
   _root["garis_hujan"+i]._y = 0;
  }
  //jika posisi y garis hujan lebih dari lebar stage
  if (_root["garis_hujan"+i]._y>Stage.height) {
   //posisi y garis hujan berada di koordinat 0
   _root["garis_hujan"+i]._y = 0;
   //posisi x garis hujan berada di nilai acak width dikurangi panjang stage dibagi 2
   _root["garis_hujan"+i]._x = random(width)-Stage.width/2;
  }
 }
};
4. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.

Belajar Bersama Designed by ygiovanni | SMKN 1 Miri Sragen Copyright © 2015

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.