Our blog

POSISI X DAN Y PADA FLASH

Di sekolah kita pasti diajari tentang sumbu cartesius. Sumbu cartesius dibagi menjadi 2 garis yaitu garis horisontal untuk posisi x dan garis vertikal untuk posisi y. Pertemuan antara 2 garis tersebut berada di koordinat (0,0). Selanjutnya lihatlah gambar di bawah ini :
xy-normal1
Sumbu cartesius pada matematika
Pada gambar di atas terlihat jelas bahwa :
semakin kekiri nilai x akan bernilai negatif dan semakin kekanan nilai x akan bernilai positif
semakin keatas nilai y akan bernilai positif dan semakin kebawah nilai y akan bernilai negatif
Tetapi di Flash terdapat perbedaan mengenai sumbu cartesius tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini :
xy-flash1
Sumbu cartesius pada Flash
Melalui gambar diatas kita dapat mengetahui 2 perbedaan mengenai sumbu cartesius di Flash :
1. Posisi koordinat (0,0) berada di pojok kiri atas stage.
2. Pada sumbu y semakin ke atas nilai y akan bernilai negatif dan semakin ke bawah nilai y akan bernilai positif.
Sebagai contoh jika anda ingin membuat sebuah objek turun ke bawah gunakan script berikut :
1
2
3
onClipEvent (enterFrame) {
 _y += 5;
}
Ingatlah 2 perbedaan di atas. Bagi anda yang terbiasa menggunakan sumbu cartesius pada matematika, mungkin anda akan sering mengalami masalah tentang penulisan posisi y pada Flash. Anda akan membutuhkan waktu untuk membisakan diri dengan perbedaan tersebut.

Belajar Bersama Designed by ygiovanni | SMKN 1 Miri Sragen Copyright © 2015

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.