Our blog

Kuota Mahasiswa UNS 5.290 Orang

SOLO- Kuota mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) yang akan diterima pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini sebanyak 5.290 orang.
Jumlah ini sekitar 80 kursi lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2011, lantaran ada program studi di beberapa fakultas yang menambah daya tampung.
Dari kuota itu, 18,8% atau 996 mahasiswa diambil dari jalur undangan. Sebanyak 49,5% atau 2.620 mahasiswa dari jalur ujian tertulis dan sisanya dari jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) mandiri. “Pendaftaran secara online mulai dilakukan pada Februari,” kata Pembantu Rektor I UNS Prof Sutarno saat jumpa pers di ruang kerjanya, Kamis (19/1).
Dia mengatakan, pendaftaran SNMPTN jalur undangan dilakukan 1 Februari hingga 8 Maret dan hasil seleksi diumumkan pada 25 Mei, sedangkan registrasi 28 Mei hingga 1 Juni 2012. Untuk jalur ujian tertulis pendaftaran secara online 10-31 Mei. Ujian tulis dilakukan pada 12-13 Juni, ujian keterampilan 14-15 Juni, dan pengumuman 7 Juli.
prestasi Terbaik
Sementara untuk SMPB Swadana, pendaftaran 25 Mei hingga 10 Juli dan pengumuman 13 Juli. Khusus peserta jalur undangan, didaftarkan oleh sekolah masing-masing. Mereka harus memenuhi persyaratan, di antaranya untuk sekolah akreditasi A, siswa harus masuk dalam 50% prestasi terbaik dan konsisten di semester III, IV, dan V. Siswa juga telah memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah.
Biaya pendaftaran jalur undangan tahun ini sebesar Rp 175.000. Sekolah diharapkan tidak memanipulasi nilai siswa.  Jika ketahuan, sekolah akan di blacklist dan selama tiga tahun tidak akan diberi kesempatan ikut dalam SNMPTN jalur undangan.
Sementara itu, tahun ini UNS masih membuka program beasiswa bidik misi. Jumlahnya belum diketahui berapa. “Kami telah mengajukan kuota bidik misi 1.061 mahasiswa, tapi belum tahu yang disetujui berapa jumlahnya. Tahun lalu kami hanya mendapat kuota 400 mahasiswa dan semua terpenuhi,” kata Sutarno. (H81-37)

Belajar Bersama Designed by ygiovanni | SMKN 1 Miri Sragen Copyright © 2015

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.